Aturan Umum Netiket (Etika Berinternet)
A. Perkembangan
Internet
Internet merupakan kepanjangan dari Interconection
Networking atau juga telah menjadi International Networking merupakan suatu
jaringan yang menghubungkan komputer di seluruh dunia. Internet pertama kali
dikembangkan oleh salah satu lembaga riset di Amerika Serikat, yaitu DARPA
(Defence Advanced Research Projects Agency) pada tahun 1973. Pada saat itu
DARPA membangun Interconection Networking sebagai sarana untukk menghubungkan beberapa
jenis jaringan paket data seperti CS-net, BIT-net, NSF-net dll. Tahun 1972,
jaringan komputer yang pertama dihasilkan adalah ARPnet yang telah
menghubungkan 40 titik dengan menggunakan FTP. Pada perkembangannya titik yang
dihubungkan semakin banyak sehingga NCP tak lagi dapat menampung, lalu
ditemukan TCP dan IP.
Tahun 1984, host berkembang menjadi DNS dan tahun
1990 terdapat penambahan aplikasi diantaranya www, wais dan ghoper. Dari segi
penggunaan internet pun mengalami perkembangan mulai dari aplikasi sederhana
seperti chatting hingga penggunaan VOIP
Sama seperti di dunia
nyata di mana orang berinteraksi dengan bertatap muka atau berkomunikasi
melalui telepon, etika dan peraturan yang disepakati bersama harus diikuti.
Internet adalah salah satu bentuk komunikasi lainnya di samping cara di atas,
dan itulah mengapa "Netiquette" ini dibuat.
Pada dasarnya
netiquette merupakan panduan untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan
kaidah normatif di lingkungan Internet. Dengan mematuhi peraturan ini, maka
akan sangat bermanfaat dan membantu Anda dalam berkomunikasi dan berinteraksi
dengan orang lain tanpa harus mengalami masalah atau tanpa harus mengalami
salah pengertian dengan orang lain.
ATURAN INTI NETIQUETTE
ATURAN NOMOR 1 :
Jangan pernah lupa
bahwa orang yang sedang membaca e-mail atau posting Anda adalah manusia dengan
perasaan yang bisa saja terluka. Berikut ini beberapa kata kunci yang dapat
diingat bersama:
Adalah tidak baik
untuk melukai perasaan orang lain. Cobalah untuk tidak mengirim komentar yang
bernada menyerang tapi bersikaplah saling membangun.
Jangan pernah mengetik
isi pesan Anda dengan menggunakan huruf besar semua, meskipun itu hanya pesan
singkat, balasan ke suatu posting di forum, atau di dalam sebuah e-mail. Dengan
menulis pesan menggunakan huruf besar semua, sama artinya Anda sedang berteriak
(kecuali ternyata bukan itu yang Anda maksudkan). Jika Anda tidak bermaksud
seperti itu, yakinkan dengan tegas dan katakan ke orang bahwa Anda sedang tidak
berteriak. Ingatlah, bahwa orang tidak dapat mengetahui apa isi hati Anda tanpa
menjelaskan apa yang sedang Anda lakukan.
Jangan pernah mengirim
e-mail atau mengirim posting apapun yang tidak layak Anda katakan ke orang
lain. Internet bukanlah tempat untuk mencari pertengkaran. Banyak orang di luar
sana yang sama-sama membutuhkan informasi berguna, jadi jangan coba-coba untuk
mencari gara-gara.
Ingatkan orang lain
jika melakukan flaming. Bagi yang belum tahu apa itu flaming, berikut ini
definisi sederhananya. Flaming adalah ketika seseorang atau sekelompok orang
mengekspresikan hal-hal negatif mengenai situasi tertentu. Alasan untuk
mengingatkan orang yang melakukan hal ini adalah karena beberapa orang mungkin
tidak tahu jika orang tersebut sedang melakukan flaming. Maksudnya di sini adalah,
lingkungan Internet tidak seperti Anda sedang duduk dengan orang lain dan
saling berhadap-hadapan, lalu mengatakan orang lain itu gila atau Anda jengkel
terhadap sesuatu. Jadi tolong beritahu orang lain jika dia sedang melakukan
flaming. Kita berusaha untuk sama-sama mengurangi kemungkinan adanya
konfrontasi di Internet.
ATURAN NOMOR 2 :
Bersikap dan
bertindaklah dengan selalu memperhatikan etika, dan jangan buru-buru
menyimpulkan sesuatu. Orang yang sedang berada di Internet datang dari berbagai
penjuru dunia dan memiliki perbedaan pandangan terhadap sesuatu. Bersikaplah
terbuka untuk mendengarkan orang lain dan apa yang mereka katakan. Ini adalah
Internet, jadi cobalah untuk mempelajari hal-hal yang baru. Melanggar hukum
berarti telah melakukan Netiquette yang buruk. Itu yang pelu diingat!
ATURAN NOMOR 3 :
Netiquette bervariasi
dari satu tempat ke tempat yang lain. Tidak semua orang mengikuti aturan yang
sama. Jadi, selalulah bersikap terbuka dan jika dibutuhkan, bersikaplah kritis
tapi tetap konstruktif (membangun), dan bukan bersikap sebaliknya (negatif).
Jika Anda berada di suatu wilayah topik pembicaraan pada forum atau chating, jangan
buru-buru langsung mengirim komentar. Cobalah untuk menangkap ide dari apa yang
sedang terjadi atau sedang dibahas. Setelah Anda merasa yakin dan berpikir
bahwa Anda siap untuk menambahkan informasi/komentar yang berguna, baru kirim
posting. Posting yang terlalu dini dapat berpotensi menyebabkan flaming (karena
Anda sedang berusaha untuk memahami sesuatu secara nyata, padahal Anda tidak
tahu apa yang sedang terjadi di forum).
ATURAN NOMOR 4 :
Tidak masalah bahwa
apa yang sedang Anda pikirkan merupakan hal yang paling penting dari segalanya,
tapi jangan berharap orang lain setuju dengan Anda. Kirimkanlah posting Anda ke
group yang sesuai. Jika Anda tidak dapat menemukan group yang sesuai dengan itu
dan Anda merasa bahwa posting itu harus Anda kirim, yakinkan bahwa Subject dari
posting Anda sesuai dengan isi posting Anda, sehingga orang lain tahu bahwa
posting Anda tidak mengganggu topik diskusi saat itu.
Cobalah untuk tidak
bertanya hal-hal yang bodoh di suatu kelompok diskusi. Jika hal itu merupakan
pertanyaan yang sederhana yang jawabannya dapat dicari dari Google, jangan
kirim posting Anda. Di sisi lain, jika posting Anda merupakan sebuah tipe
pertanyaan yang memerlukan jawaban dalam bentuk opini atau pendapat, hal itu
berbeda. Yakinkan orang lain bahwa Anda ingin memperoleh pendapat atau opini
dari orang lain atas pertanyaan Anda, dan saya yakin orang akan senang membantu
permasalahan Anda.
Bacalah FAQ
(Frequently Asked Questions) atau Pertanyaan yang Sering Diajukan. Sekitar 90%,
semua pertanyaan yang diajukan dapat dijawab melalui bagian FAQ. Bahkan jika
Anda tidak menduga bahwa Anda akan mendapatkan jawabannya di sana, periksa dulu
di FAQ. Berdasarkan pengalaman orang pada umumnya, pertanyaan mereka dapat
terjawab jika membaca FAQ.
Jika lebih cocok,
gunakan e-mail pribadi daripada mengirim posting ke group. Jika ada sesuatu
yang perlu Anda tanyakan atau komentari tapi menurut Anda hal itu tidak perlu
atau tidak penting untuk diketahui oleh orang lain, kirim e-mail kepada orang
yang bersangkutan tadi. Saya yakin, orang yang Anda kirimi e-mail tadi juga
akan senang jika dia memperoleh e-mail dari Anda, tidak melalui forum.
B. Beberapa alasan
mengapa internet memberikan dampak besar dalam segala aspek kehidupan
a.
Informasi di Internet dapat diakses 24 jam
b.
Biaya relatif murah dan bahkan gratis
c.
Kemudahan akses informasi dalam melakukan transaksi
d.
Kemudahan membangun relasi dengan pelanggan
e.
Materi dapat di up-date dengan mudah
f.
Pengguna internet telah merambah ke segala penjuru dunia
C. Karakteristik Dunia
Maya (menurut Dysson, 1994)
a.
Beroperasi secara virtual/maya
b.
Dunia cyber selalu berubah dengan cepat
c.
Dunia maya tidak mengenal batas – batas teritorial
d.
Orang – orang yang hidup dalam dunia maya dapat melaksanakan aktivitas nya
tanpa menunjukan identitas
e.
Informasi didalamnya bersifat public
Pentingnya Etika di
Dunia Maya
A.
Alasan Pentingnya Etika di dunia maya
Perkembangan
internet yang begitu pesat menuntut dibuatkannya aturan – aturan atau etika
beraktifitas di dalamnya.
Berikut
ini adalah beberapa alasan pentingnya etika dalam dunia maya :
a.
Pengguna internet berasal dari berbagai negara yang memiliki budaya, bahasa dan
adat istiadat yang berbeda.
b.
Pengguna internet merupakan orang yang hidup dalam anonymouse, yang
mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi
c.
Bermacam fasilitas di internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis /
tidak etis
d.
Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat
yang memungkinkan masuknya ‘penghuni’ baru. Untuk itu mereka perlu diberi
petunjuk agar memahami budaya internet.
B.
Contoh Etika berinternet
Netiket atau Nettiquette, adalah etika dalam
berkomunikasi menggunakan internet yang ditetapkan oleh IETF (The internet
Enginnering Task Force). IETF adalah sebuah komunitas masyarakat internasional
yang terdiri dari para perancang jaringan, operator, penjual dan peneliti yang
terkait dengan evolusi arsitektur dan pengoperasian internet.
Berikut
salah satu contoh etika yang telah ditetapkan oleh IETF :
Netiket
one to one communication adalah kondisi dimana komunikasi terjadi antar
individu dalam sebuah dialog.
Contoh
komunikasi via email. Hal – hal yang dilarang :
a.
Jangan terlalu banyak mengutip
b.
Perlakukan email secara pribadi
c.
Hati – hati dalam menggunakan huruf kapital
d.
Jangan membicarakan orang lain
e.
Jangan menggunakan CC (Carbon Copy)
f.
Jangan gunakan format HTML
g.
Jawablah secara masuk akal
Etika
dalam dunia cyber:
a.
Jangan memberikan informasi yang tergolong personal, apalagi anda belum
mengenal orang tersebut
b.
Password harus tetap dijaga kerahasiannya
c.
Hidari menulis dalam huruf kapital (bisa diartikan berteriak)
d.
Bersikap sopan, tidak menggunakan kata-kata kotor
e.
Pergunakan smile atau emotikon secara bijak untuk memperjelas cara penyampaian
f.
Berhati-hati dengan sara, meskipun hanya bercanda
GUUD
BalasHapussaya ramal 2020 atau 2021 akan ada yg namanya virus corona dari china
BalasHapus